RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD
N 04 Sidomulyo Kec. Lebakbarang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu : 4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode : Ceramah
A.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri
makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)
dan lingkungan hidupnya
C.
Tujuan
Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk
hidup
o
Siswa dapat Mempelajari ciri khusus :
-
Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-
Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-
Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan
landak semut
-
Punuk pada unta.
-
Mata dan pendengaran yang tajam pada burung
hantu.
-
Semburan air ikan pemanah.
-
Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang
(koral).
& Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.
E.
Media
Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
o Buku
atau majalah
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
1.
Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
o
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**: dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2.
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Memahami peta konsep tentang
makhluk hidup
F
Mempelajari alat pendeteksi benda pada
kelelawar (ekolokasi)
-
Memancarkan bunyi dari mulutnya,
-
bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda
disekitarnya,
-
selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan
jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
F
Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-
Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa
struktur seperti rambut yang lengket
F
Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket
pada bunglon dan landak semut
F
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
(50 menit)
|
3.
Penutup
o
Memberikan kesimpulan
- Kelelawar
mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
- Cecak
dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
- Bunglon
dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.
|
(5 menit)
|
4.
Pekerjaan Rumah
o
Tugas PR
|
|
Pertemuan ke-2
|
|
Apersepsi
dan Motivasi :
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F
Mempelajari Punuk pada unta.
-
Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang
dua punuk
-
Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
-
Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit
mengeluarkan kotoran
F
Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam
pada burung hantu.
-
Kedua mata burung terletak di bagian depan
kepala, memiliki leher yang lentur
-
Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan
lokasi mangsanya.
F
Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
-
Menyemburkan air pada hewan yang sedang
bergantung
F
Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang
(koral).
-
Menempel didasar laut dan menunggu datangnya
mangsa.
F
Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus
tempat masuknya air
F
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan :
- Unta
memiliki punuk untuk menyimpan lemak
- Burung
hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
- Ikan
pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
o
Bunga karang enempel di dasar laut dan
menunggu datangnya mangsa
|
(5 menit)
|
o
Tugas
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mencari
contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya:
kelelawar dan cicak
o Mendeskripsikan
cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat
pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
o Sebutkanlah
contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya:
kelelawar dan cicak
o Jelaskanlah
cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat
pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Sidomulyo,
19 Juli 2011
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Kelas VI
Burhanudin, S.Pd Sujono, A.Ma.Pd
NIP.
19611106 198304 1 002
NIP.
19760814 200801 1 008