Sebagaimana
yang telah di berikan pada artikel tentang RPL (Baca : Apa itu Rekognisi Pembelajaran Lampau atau disingkat RPL ?)
yang menyatakan bahwa salah satu komponen dalam RPL adalah Deskripsi diri.
Deskripsi diri digunakan sebagai alat bagi guru untuk menjelaskan keunggulan
atau kebanggaan pribadi seorang guru atas prestasi dan/atau kontribusi yang
telah dilakukan dalam menjalankan karirnya sebagai guru, khususnya terkait dengan pelaksanaan tugas pokok
dan fungsi guru.
Dalam deskripsi diri ini guru diminta menguraikan dengan jelas
apa saja yang telah dilakukan yang dapat dianggap sebagai pengalaman bermakna
dan/atau kontribusi bagi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru.
Deskripsi diri perlu dilengkapi dengan contoh nyata yang dialami/dilakukan dalam kehidupan profesi sebagai guru. Guru dapat mendeskripsikan perannya sebagai motivator, inspirator, fasilitator, dan menumbuhkan rasa keingintahuan (curiosity). Deskripsi diri mencakup tiga aspek, yaitu: pengembangan kualitas pembelajaran, pengembangan institusi sekolah, dan pengembangan kegiatan kesiswaan.
Deskripsi diri perlu dilengkapi dengan contoh nyata yang dialami/dilakukan dalam kehidupan profesi sebagai guru. Guru dapat mendeskripsikan perannya sebagai motivator, inspirator, fasilitator, dan menumbuhkan rasa keingintahuan (curiosity). Deskripsi diri mencakup tiga aspek, yaitu: pengembangan kualitas pembelajaran, pengembangan institusi sekolah, dan pengembangan kegiatan kesiswaan.
Adapun komponen
deskripsi diri yaitu :
- Pengembangan kualitas pembelajaran meliputi : Usaha kreatif, Dampak instruksional, Kedisiplinan, dan Keterbukaan terhadap saran dan kritik
- Pengembangan institusi sekolah yaitu : Penyusunan EDS, Keterlibatan dalam RKAS, dan Kegiatan ekstra kurikulum
- Pengembangan kegiatan kesiswaan berupa : Peran guru terhadap kegiatan kesiswaan, Interaksi dengan siswa, dan Manfaat kegiatan
Salah contoh
uraian deskripsi diri untuk aspek pengembangan kualitas pembelajaran akan
diuraikan seperti berikut :
Aspek ini
menguraikan contoh nyata semua usaha kreatif yang telah atau sedang
dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang disertai
dengan uraian dampak instruksional, kedisiplinan, dan keterbukaan
terhadap saran dan kritik kepala sekolah dan teman sejawat.
Deskripsi:
- Usaha kreatif:
…………………………….………………………………………
…………………………….………………………………………
…………………………….………………………………………
(kurang lebih 100 kata)
- Dampak instruksional:
…………………………….………………………………………
…………………………….………………………………………
…………………………….………………………………………
(kurang lebih 100 kata)
- Kedisiplinan:
…………………………….………………………………………
…………………………….………………………………………
…………………………….………………………………………
(kurang lebih 100 kata)
- Keterbukaan terhadap saran dan kritik kepala sekolah dan teman sejawat:
…………………………….………………………………………
…………………………….………………………………………
…………………………….………………………………………
(kurang lebih 100 kata)
Pengembangan
institusi sekolah dan pengembangan kegiatan kesiswaan, mengikuti format diatas.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun deskripsi diri dengan
memperhatikan hal-hal yang pernah dilakukan selama mengajar dalam mengembangkan
sekolah.